Berwisata Religi ke Masjid Baiturrahman Aceh -->
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Berwisata Religi ke Masjid Baiturrahman Aceh

Wisatabos
Senin, 21 Januari 2019

Berwisata Religi ke Masjid Baiturrahman Aceh 

Masjid Baiturrahman Aceh


wisatabos.com Berwisata Religi ke Masjid Baiturrahman Aceh 


Berwisata Religi ke Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Masjid yang terletak di pusat Kota Banda Aceh yang terletak di Pulau Sumatera. Selain itu, Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid Kesultanan Aceh. 

Masjid Kesultanan Aceh Masjid Baiturrahman 

masjid Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman memiliki kubah tunggal yang selesai pada 27 Desember 1883. Selanjutnya, Masjid Raya Baiturrahman ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Kemudian yang terakhir diperluas menjadi 5 kubah (1959-1968). 

Masjid Lima Kubah


Masjid Lima Kubah

Masjid itu kemudian diperluas dan saat ini memiliki 7 kubah. Masjid Raya Baiturrahman adalah salah satu masjid terindah di Indonesia dan memiliki bentuk yang manis, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk ketika berada di ruangan masjid. Sejak 3 September 1993, Masjid Raya Baiturrahman telah menerbitkan 900an edisi khotbah Jumat dalam bentuk Tabloid Gema Baiturrahman. 

Tabloid ini menggunakan slogan Menuju Islam Kaffah yang dipimpin oleh Drs. H. Ameer Hamzah sebagai general manager, Ir. H. Basri Abu Bakar, M.Si sebagai pemimpin redaksi dan Ridha Yunawardi sebagai pemimpin bisnis. Namun sejak 2010, tabloid ini sudah berhenti beredar karena kekurangan dana. 

Apa Daya Tarik dari Masjid Raya Baiturrahman? 


Masjid ini adalah saksi bisu sejarah Aceh, yang terletak di pusat kota Banda Aceh dan merupakan kebanggaan masyarakat Aceh. Masjid Raya Baiturrahman adalah simbol agama, keberanian dan nasionalisme rakyat Aceh. Masjid ini dibangun pada masa Sultan Iskandar Muda (1607-1636), dan menjadi pusat pendidikan agama di nusantara. 

Saat itu banyak pelajar dari nusantara, bahkan dari Arabia, Turki, India, dan Parsia datang ke Aceh untuk belajar agama. Masjid ini adalah markas pertahanan orang Aceh selama perang dengan Belanda (1873-1904). 

Ketika Belanda menyerang kota Banda Aceh pada tahun 1873, masjid dibakar, Pada saat itu, Mayor Jenderal Khohler ditembak mati di dahi oleh pasukan Aceh di halaman Masjid Agung. Untuk memperingati peristiwa itu, sebuah monumen kecil dibangun di depan kiri Masjid Agung, tepatnya di bawah pohon Ketapang. 

Jumlah pengunjung ke Aceh terus meningkat setiap tahun, banyak dari mereka mengunjungi tempat-tempat bersejarah, yang tersebar di seluruh Aceh. Salah satu atraksi bersejarah yang diminati banyak wisatawan adalah Masjid Raya Baiturrahman. Pengunjung biasanya menghabiskan waktu mempelajari sejarah Masjid Raya Baiturrahman. 

Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan arsitektur dari Masjid Raya Baiturrahman dan mengambil foto saat berada di Masjid Raya Baiturrahman. Lokasi Masjid Raya Baiturrahman di Kp. Baru, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh Khusus, Indonesia