Pulau alai Kecamatan Ungar Karimun Kepri -->
Cari Berita

Advertisement

Masukkan iklan banner 970 X 90px di sini

Pulau alai Kecamatan Ungar Karimun Kepri

Wisatabos
Sabtu, 02 Februari 2019

Pelabuahn penyeberangan di tanjung batu ke Kec Ungar atau Alai

Asal-usul nama Alai

wisatabos.com Alai merupakan suatu desa yang terletak disebelah timur Tanjung Batu Kundur. Desa ini meliputi pulau tersendiri yang tidak menyatu dnegan pulau Kundur. Jarak antara Alai dan Tanjungbatu kurang lebih setengah kilo meter dan dapat ditempuh dalam waktu Lima sampai sepuluh menit dengan menggunakan Sped atau Boat Pancung.

Pulau ungar

Nama Alai sebenarnya baru dikenal pada tahun 1930-an. Pulau ini awalnya bernama Pulau Ungar. Mengapa pulau ini disebut pulau Ungar temyata ada lengenda tersendiri. Menurut kepercayaan masyarakat, pada zaman dahulu hiduplah seorang nelayan dipulau tersebut yang mata pencahariannya menangkap ikan. Suatu hari, ketika sedang mencari ikan. tanpa diduga ia mendapat ikan yang sangat besar sekali sehingga ia tidak bisa menarik dan menangkap ikan tersebut. ia hanya dapat menarik ikan tersebut sebatas permukaan laut sehingga mulut ikan tersebut menganga keatas. Karena tidak bernafas maka dari mulut ikan tersebut keluar nafas yang terengah-engah yang dari atas kedengarannya berbunyi "ungaunga". Alkisah. dari sinilah pulau tersebut dinamakan Pulau Ungar karena wilayah lautnya banyak dihuni ikan "unga".

Pada Tahun 1930-an. masyarakat lebih mengenal daerah ini dengan sebuatan desa Alai. Disebut Alai karena erat kaitannya dengan kehadiran seorang guru yang bemama Jalaludin Ahmad. Beliau ini merupakan guru yang tidak hanya mengajarkan ilmu agama tetapi juga memberikan pengetahuan umum. 

Transportasi Laut Alai

Dari tanjung batu kepulau alai atau kecamatan ungar dengan transportasi Laut Pancung dengan mesin Lima Belas rata rata ,dengan jarak tempuk lebih kurang lima sampai sembilan menit dengan keadaan alam mendukung dan bersahabat.

Sedangkan Ongkos penyebrangan tanjung batu Pulau alai atau kecamatan ungar adalah :

  1. dari tg batu ke alai perorg hanya dengan empat ribu rupiah tapi harus antri jikau mau cepat gak mau antri di sini jugak melayani cater atau sewa dengan ongkos atau bahasa kerenya tambang duapuluh lima ribu atau tigapuluh ribu sekalai jalan.
  2. dari tanjung batu ke Sungai Buluh perorg hanya dengan empat ribu rupiah tapi harus antri jikau mau cepat gak mau antri di sini jugak melayani cater atau sewa dengan ongkos atau bahasa kerenya tambang duapuluh lima ribu atau tigapuluh ribu sekalai jalan.

Penasaran Dengan perbedaan pelabuhan alai dengan sungai buluh 

Sebenarnya sama saja mau tujuan pelabuhan sungai buluh atau pelabuhan alai
Sama sama kecamatan ungar hanya beda lokasi bingung udah sampai transportasi apa di sana ,ada ojek motor teman teman sayangnya blm ada gojek kakakka.
Sewa motor per jam hanya lima belas ribu saya rasa keliling pulau alai dua jam sudah cukup  puas dah mengasikan tentunya

Penasaran apa saja yg ada di Pulau Alai Kecamatan Ungar Kabupaten Karimun ini ?

Terdapat banyak sejara dan cerita pada zaman dahulu kate upin ipen, hampir penduduk pulau alai 100% sama dengan bahasa melayu di malaysia dikarnakan kedekatan keluarga dan rata2 banyak dari mereka yang sudah pernah tinggal lama di negara tetangga.

Wisatanyadi pulau alai ada :

  • Batu Limau
batu limau
  1. Batu Kelamin
hanya ada di Kecamatan Ungar



  1. Batu Beliang

  1. Wisata Alam
  2. Wisata Kuliner
dan masih banyak lagi yg ada di pulau ini dan penasaran pengen datang ke sini dengan pemandangan yang sangat amat mempesona dan pengen datang lagi ikuti terus wisatabos.com