Keindahan Taman Nasional Baluran -->
Cari Berita

Keindahan Taman Nasional Baluran

Wisatabos
Saturday, February 2, 2019


Keindahan Taman Nasional Baluran 


Taman Nasional Baluran

wisatabos.com Taman Nasional Baluran terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Penamaan taman nasional ini berasal dari nama gunung di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Karena terletak di perbatasan Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, ada yang menyebutnya Taman Nasional Situbondo Baluran atau Taman Nasional Banyuwangi Baluran. 

Taman dengan luas hingga 250 km2 terbagi menjadi beberapa tipe. Tipe ini termasuk tipe vegetasi savana (mendominasi sekitar 40 persen dari total luas lahan), hutan musiman, dan hutan pantai. Selain itu ada juga hutan bakau, hutan rawa, hutan gunung yang lebih rendah, dan hutan cemara. Anda dapat menyaksikan Gunung Baluran yang tinggi menjulang ke latar belakang taman ini. 



Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengunjungi Taman Nasional Baluran? 


Ada sekitar 444 jenis tanaman, beberapa di antaranya merupakan tanaman asli yang khas dan mampu beradaptasi dengan kondisi yang sangat kering. Widoro bukol, mimba, dan pilang adalah nama-nama tanaman khas yang ditemukan di sana. Sedangkan tanaman lain yang hidup di sana antara lain adalah asam jawa, api unggun, gadung, kemiri, kepuh, gebang, kendal, dan salam. 

wisatabos.com


Di Taman Nasional Baluran juga hidup berbagai binatang. Setidaknya ada 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Mamalia yang ada di sana, antara lain, sapi jantan (khas Taman Nasional Baluran), kancil, ajag, kerbau liar, rusa, rusa, dan macan tutul. Sementara untuk burung beberapa diantaranya adalah spesies langka seperti burung merak, layang-layang api, tuwuk Asia, kangkareng, rangkong, dan ayam hutan merah. 



Maret hingga Agustus adalah saat yang tepat bagi anda yang ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran dengan hasil yang maksimal. Jika Anda beruntung, sekitar bulan itu Anda bisa melihat langsung kawanan rusa kawin. Selain itu, Anda juga melihat monyet berburu kepiting menggunakan ekor mereka.