Menikmati Keindahan Danau Ubur-Ubur di Pulau Kakaban -->
Cari Berita

Menikmati Keindahan Danau Ubur-Ubur di Pulau Kakaban

Wisatabos
Tuesday, July 21, 2020


Menikmati Keindahan Danau Ubur-Ubur di Pulau Kakaban

Menikmati Keindahan Ubur-Ubur di Danau Kakaban

Kakaban adalah salah satu pulau yang termasuk di kepulauan derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Kakaban memiliki luas sekitar 774,2 Ha. Kakaban terkenal di luar negeri karena danau 5km2 adalah habitat Stingless Jellyfish (ubur-ubur). Stingless Jellyfish, dengan ekosistem dan karakteristik yang sama, hanya dapat ditemukan di dua tempat di dunia, yaitu Danau Kakaban dan Pulau Palau, Kepulauan Mikronesia.
Berdasarkan informasi yang diperoleh, Danau Kakaban sebelumnya merupakan laguna dari atol dalam bentuk karang lebih dari 2 juta tahun yang lalu di era itu ada proses pemindahan selama beberapa ribu tahun yang membuat karang di sekitarnya naik di atas permukaan laut.
Air laut terperangkap di dalam tanggul dengan ketinggian 50 m. Batuan karang yang keras dan tebal menyebabkan air tidak keluar dan membentuk Danau Kakaban. Hujan yang berlangsung selama ribuan tahun ditampung di danau dan menyebabkan danau kakaban yang asin awalnya payau. Danau Kakaban sendiri dikelilingi oleh berbagai pohon bakau yang indah.

Bagaimana Keindahan dari Danau Kakaban?

Ketenaran danau ubur-ubur di Pulau Kakaban menarik perhatian banyak peneliti dan turis termasuk kelompok perjalanan yang saya ikuti. Ya, kelompok melanjutkan perjalanan mereka ke Pulau Kakaban setelah puas melihat anak-anak tukik dan keindahan bawah laut Pulau Sangalaki. . Pulau Kakaban sendiri termasuk dalam desa payung, seperti pulau Maratua.
Mendekati Pulau Kakaban, juru mudi perahu motor meminta kelompok untuk berjalan ke dermaga karena air laut yang surut tidak memungkinkan perahu bermotor untuk bersandar langsung di dermaga. Kelompok itu harus turun dan berjalan melintasi bebatuan untuk menuju dermaga.
Sesampainya di Dermaga, ada gerbang ke pintu masuk Pulau Kakaban dengan jendela tiket masuk yang terletak di sebelah kiri. Untuk dapat memasuki kawasan Pulau Kakaban, setiap pengunjung domestik dikenakan biaya Rp. 20.000 / org, harga tiket masuk ini telah meningkat per tanggal efektif 01 April 2014 sesuai dengan pengumuman surat kepala desa pada bulan Februari 2014. Harga tiket relatif murah untuk menikmati keindahan danau kakaban.