Berwisata ke Peninggalan Majapahit Kolam Segaran di Trowulan -->
Cari Berita

Berwisata ke Peninggalan Majapahit Kolam Segaran di Trowulan

Wisatabos
Monday, January 21, 2019

Berwisata ke Peninggalan Majapahit Kolam Segaran di Trowulan 


Trawulan

Berwisata ke Peninggalan Majapahit Kolam Segaran di Trowulan 

wisatabos.comWisata ke Peninggalan Majapahit Kolam Segaran di Trowulan. Di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, ada banyak lokasi yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengisi liburan akhir pekan Anda. Salah satunya adalah kolam segar di Trowulan. 

Kolam segaran Trowulan ini adalah situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang ditemukan pada tahun 1926. Pada tahun 1966 kolam itu segera mengalami restorasi sederhana. Baru pada 1974 pelaksanaan restorasi yang lebih terencana dan komprehensif berlangsung, yang memakan waktu sepuluh tahun. 

Kolam ini adalah satu-satunya bangunan kolam kuno terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia. Nama Segaran Pond berasal dari bahasa Jawa, yang berarti laut, mungkin komunitas lokal mengibaratkan kolam besar ini sebagai laut mini. Dinding bata merah dan tanggul mengelilingi kolam yang juga memberi bentuk ke kolam. Kolam ini memiliki panjang 375 meter, lebar 175 meter, tebal 1,6 meter dengan kedalaman 2,88 meter. Sebagai penghalang, kolam ini menggunakan konstruksi bata. 

Dan unik, batu bata ini hanya diatur sedemikian rupa tanpa perekat dan hanya digosok satu sama lain. Saluran air ke kolam berada di sebelah tenggara. Sedangkan di sudut tenggara tembok luar terdapat 2 kolam kecil bertepatan, sedangkan di sebelah barat sudut timur terdapat saluran air yang menembus sisi utara. 

Bagaimana Sejarah Terbentuknya Kolam Segaran Trowulan? 

Sebelah tenggara dari ketinggian

wisatabos.comDi sebelah tenggara ada saluran masuk ke kolam dan saluran keluar di barat laut. Sumber air tambak berasal dari Balong Bunder dan Balo Dowo yang berada di selatan dan barat daya kolam. 

Pintu masuk berada di barat, dengan bentuk tangga batu kuno. Terlepas dari dua sumber air ini, air di kolam Segaran juga berasal dari air hujan. Kolam segar ini selama Kerajaan Majapahit berfungsi sebagai waduk dan waduk, yang merupakan manifestasi dari kemampuan Kerajaan Majapahit untuk membasahi teknologi bangunan. 

Selain itu, menurut cerita orang-orang di sekitar Kolam Segaran sering digunakan oleh Majapahit Maharaja untuk berbaur dengan permaisuri dan para selir kedaton-nya. Kolam Segaran juga berfungsi sebagai tempat untuk merawat ksatria laut Majapahit. 

Kolam segar saat ini digunakan sebagai tempat untuk bepergian bagi masyarakat sekitar, di mana memancing. Selain itu, kolam ini juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan persediaan air penduduk setempat dan juga berfungsi sebagai tempat irigasi untuk mengairi sawah masyarakat di Trowulan. 

Penciptaan kolam Segaran Trowulan selama Kerajaan Majapahit memiliki prioritas utama dalam mendukung ekonomi rakyat, terutama di bidang pertanian. Hal ini terbukti dari fungsinya saat ini sebagai reservoir irigasi untuk ladang di sekitarnya.

kolam Segaran Trowulan selama Kerajaan Majapahit

Reservoir irigasi Ladang